Apakah Berenang Benar-benar Membantu Membakar Lemak Perut?

Memercikkan air selalu merupakan pengalaman yang menyegarkan, tetapi di zaman kesadaran kesehatan ini, masuk akal untuk menggunakan kolam renang sebagai sarana agar tetap bugar. Sebuah pertanyaan yang biasanya muncul adalah apakah berenang merupakan alternatif yang efektif untuk latihan darat seperti berlari untuk membakar lemak perut. Mari kita telaah berbagai pro dan kontra seputar pertanyaan terkait ini.

    • Studi ilmiah telah membuktikan daya apung dalam air menghalangi pelepasan karbon dioksida saat intensitas olahraga meningkat. Dengan kata lain, meskipun renang adalah olahraga teratur yang baik, terutama untuk memperkuat kapasitas pernapasan dan stamina, namun tidak memberikan landasan yang ideal untuk menurunkan berat badan. Ada alasan pasti untuk ini.
    • Musim dingin meningkatkan nafsu makan. Jika Anda makan lebih banyak, kecenderungan menambah berat badan meningkat. Dalam keadaan normal, mungkin terlihat logis untuk melakukannya, tetapi latihan kardiovaskular di darat memungkinkan lebih banyak fleksibilitas untuk menurunkan berat badan di seluruh kelompok otot yang terkonsentrasi. Berenang bagus untuk melatih semua kelompok otot utama, itulah sebabnya kandidat yang kelebihan berat badan lebih suka memulai program penurunan berat badan dengan berenang.
    • Sebagian besar perenang profesional bertubuh ramping dan memiliki tubuh yang sempurna dengan fokus pada rentang sayap agar lengan lebih kuat. Ini lebih merupakan olahraga preferensial di mana orang dengan sengaja turun ke air dan menghabiskan banyak waktu di dalamnya untuk mengencangkan otot. Tujuannya, bagaimanapun, harus menurunkan berat badan di sekitar perut.
    • Berenang memiliki efek minimum pada penurunan berat badan dibandingkan dengan kebanyakan latihan di darat. Ini tidak berarti berenang bukanlah pembakar lemak yang efektif. Keuntungan utama adalah kemampuan berenang bahkan pada usia 80 tahun. Hasilnya mungkin sedikit tertunda, tetapi olahraga air mengurangi ketegangan pada persendian, yang merupakan nilai tambah utama bagi orang tua yang memulai program penurunan berat badan untuk pertama kalinya. Ini membutuhkan lebih sedikit fleksibilitas pada kelompok otot tertentu.
    • Dalam hal pengukuran, jika Anda melakukan gaya punggung atau gaya dada di dalam air, artinya pembakaran kalori dalam jumlah yang sama seperti yang Anda lakukan saat joging atau bersepeda. Oleh karena itu, fokus harus selalu pada makan lebih sedikit daripada yang dibakar selama sesi renang untuk hasil yang efektif.
    • Berenang merupakan hal yang alami bagi sebagian orang. Menghubungkan berbagai gaya berenang ke program penurunan berat badan menjadi lebih mudah bagi orang-orang seperti itu. Namun, efeknya lebih nyata pada orang yang baru belajar berenang. Upaya yang dilakukan untuk mempelajari olahraga membantu membakar lebih banyak lemak dan dengan mudah pada saat itu. Seorang pemula sangat antusias dan bersedia mengeluarkan lebih banyak energi sambil belajar berenang. Kecenderungan alami membantu mengatasi kelelahan dan membangun lebih banyak stamina.
    • Satu-satunya tindakan pencegahan yang harus diambil adalah memiliki kendali yang cukup atas asupan makanan. Merasa nyaman dengan diri sendiri menjadi lebih mudah dengan perut rata. Ini harus memotivasi orang untuk mempertahankan rencana diet yang sehat.

Penting bagi Anda untuk menikmati berenang. Jika ya, melanjutkan olahraga menjadi lebih mudah. Diperlukan konsistensi, dan menyukai program olahraga memperpanjang dorongan untuk membakar lemak perut dan memastikan kehilangan lemak lebih permanen, karena berenang menjadi bagian dari jadwal harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *