Apakah Kosmetik Anda Menyebabkan Jerawat?

Krim kecantikan dan kosmetik lainnya dapat mengembalikan embun awet muda ke wajah dewasa, tetapi juga dapat mengembalikan warisan masa remaja yang kurang indah, yaitu jerawat, komedo putih, dan komedo. Jerawat kosmetik disebabkan oleh bahan dalam riasan yang dapat memicu munculnya jerawat.

Kosmetik tidak menyebabkan jerawat yang parah, suatu kondisi keturunan yang disebabkan oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif dan tidak terkuras dengan baik. Juga bugaboo tua dari gorengan, soda dan coklat sekarang dianggap bersalah. Tetapi penggunaan kosmetik tertentu dalam jangka panjang, terutama beberapa pelembab, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, dan komedo putih, komedo dan jerawat terbentuk bahkan pada orang dewasa. Wanita dewasa dengan jerawat ringan sering setuju bahwa penggunaan kosmetik bisa menjadi penyebab jerawat kosmetik.

Pengujian bahan maklon kosmetik umum telah melibatkan beberapa orang dalam menyebabkan gejala jerawat dan membebaskan orang lain. Di antara yang disebut bahan “komedogenik” (pembentuk komedo) adalah: isopropil miristat, isopropil ester, asam oleat, asam sterat, petrolatum, lanolin, alkohol lanolin asetat, asam lanolinfatty, minyak biji rami, minyak zaitun dan mentega kakao.

Bahan-bahan tersebut baik untuk bagian tubuh yang berkulit lebih kering, seperti lengan, tungkai, tangan dan kaki tetapi bisa menimbulkan masalah bila digunakan pada wajah.

Bahan umum yang biasanya tidak menimbulkan noda, katanya, antara lain: minyak mineral, octyl palmitate, isostearyl neopentanoate, minyak biji kapas, minyak jagung, minyak safflower, propylene glycol, spermaceti, beeswax dan na lauryl sulfate.

Pada banyak orang, jerawat mereda pada pertengahan hingga akhir dua puluhan, tetapi pada orang lain, terutama wanita, jerawat muncul hingga dewasa, terutama saat ovulasi atau menstruasi. Jerawat terbentuk ketika sekresi berminyak kulit tersumbat dan kulit menjadi meradang. Jika steker berminyak terkena udara, warnanya menjadi hitam, menjadi komedo. Sebuah steker yang tetap tersegel ke udara adalah whitehead. Penyumbatan menjadi jerawat ketika folikel drainase pori meregang dan pecah, bakteri membuat bahan berminyak menjadi tengik, dan terbentuk kista.

Jerawat ringan terkadang merespons dengan baik terhadap sediaan benzoil peroksida, yang dijual di toko obat. Antibiotik dan perawatan lain diresepkan oleh dokter kulit untuk kasus yang lebih parah.

Jika wajah Anda sangat kering pelembab bisa membantu memperbaiki penampilan kulit. Wanita yang rentan berjerawat karena kosmetik sebaiknya menghindari produk yang mengandalkan bahan yang cenderung menimbulkan masalah.
Pelembab tidak akan mencegah kerutan. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah menghindari sinar matahari dan menggunakan tabir surya di luar ruangan. Perlindungan harus dimulai sejak masa kanak-kanak, terutama untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker kulit.

Jika Anda mengalami jerawat dan berpikir itu mungkin disebabkan oleh riasan Anda, cara terbaik untuk menentukan penyebabnya adalah dengan beralih ke riasan yang tidak mengandung bahan yang diketahui dapat menyebabkan masalah. Trial and error adalah metode terbaik untuk menentukan kosmetik apa yang paling cocok untuk kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *