Pendaftaran Merek Dagang – 20 Alasan untuk Mendaftarkan Merek Dagang

‘Kamp Pelatihan’ Pendaftaran Merek Dagang cepat yang bertujuan untuk menjelaskan manfaat hukum dan komersial dari pendaftaran merek dagang dan apa yang harus diketahui setiap bisnis tentang cara melindungi hak hukum atas nama bisnis mereka ….

1. Eksklusivitas: Satu-satunya … – Pendaftaran merek dagang akan mengkonfirmasi kepemilikan sah Anda atas nama atau merek tersebut dan memungkinkan Anda untuk menghentikan orang lain yang menggunakan nama Anda untuk barang atau jasa yang sama atau serupa. Penerapan merek dagang yang berhasil akan berarti bahwa Anda dengan cepat menjadi satu-satunya bisnis yang dapat menggunakan nama di sektor Anda. Ini tidak dapat dicapai dengan pendaftaran nama domain atau dengan pendaftaran nama perusahaan. Nama apa pun yang Anda adopsi harus tersedia secara hukum, memenuhi kriteria pendaftaran merek dagang dan harus didaftarkan sebagai merek dagang terdaftar tanpa penundaan. Pendaftaran merek dagang akan memastikan bahwa Anda memiliki hak eksklusif untuk menggunakan nama atau merek tertentu di sektor produk atau layanan Anda di pasar geografis di mana Anda telah memperoleh hak terdaftar.

2. Tetap Aman: Hindari Klaim Pelanggaran – Pendaftaran merek dagang yang berhasil menunjukkan secara meyakinkan bahwa nama Anda dianggap tersedia secara hukum di sektor pasar Anda dan bukan milik orang lain. Ini biasanya berarti bahwa pencarian prapendaftaran menunjukkan nama Anda gratis untuk digunakan dan didaftarkan, dan tidak ada orang lain yang berhasil menentang aplikasi Anda. Setelah Anda memperoleh pendaftaran merek dagang, risiko bahwa penggunaan merek dagang akan melanggar hak merek dagang orang lain sangat berkurang. Kebalikannya juga benar. Jika Anda terus maju dan mengadopsi merek dagang tanpa memeriksa ketersediaannya, dan melindunginya dengan pendaftaran merek dagang, Anda menghadapi risiko yang sangat tinggi bahwa Anda akan menuntut pelanggaran merek dagang oleh pemilik merek. Ini pada akhirnya berarti tindakan pengadilan terhadap Anda untuk menahan penggunaan merek, dan pemberian ganti rugi,

3. Lindungi Niat Baik dan Reputasi – Merek yang kuat dan mudah diingat yang dilindungi oleh pendaftaran merek dagang adalah dasar hukum yang paling pasti untuk membangun reputasi dan niat baik bisnis apa pun. Bisnis yang dijalankan tentara tanpa memanfaatkan merek dagang terdaftar kehilangan peluang komersial yang besar. Merek terdaftar yang kuat (Mercedes, Google, Amazon, iPad, The London Eye, dll.) Dengan cepat masuk ke dalam kesadaran kolektif pasar konsumen dunia dan menjadi identik dengan kualitas, konsistensi, dan keandalan.

4. Dapatkan Pemberitahuan: Bedakan Bisnis Anda – Tujuan utama sebuah merek dagang adalah untuk menunjukkan asal produk atau layanan yang melampirkan merek dagang tersebut. Merek dagang menjadi lencana asal dan kualitas. Singkatnya, konsumen tahu dari mana asalnya dan apa yang diharapkan. Jadi, setiap bisnis memiliki kesempatan yang sama untuk mengadopsi merek khusus yang dimilikinya sendiri dan melindunginya dengan pendaftaran merek dagang. Hal ini memungkinkan bisnis untuk membedakan dirinya dari setiap bisnis lain di sektor pasar yang sama. Tidak masuk akal untuk menggunakan nama yang sudah digunakan, atau mirip dengan nama yang sudah ada, karena ini tidak akan membedakan bisnis Anda dari pesaing. Merek Anda harus kuat, mudah diingat dan unik dan, untuk alasan ini, kata-kata yang diciptakan atau unik cenderung menjadi yang terbaik.

5. Pertama adalah Terbaik: Hindari Pendaftaran Lebih Awal – Setelah Anda mengidentifikasi nama yang tersedia secara hukum yang ingin Anda gunakan untuk bisnis Anda, Anda perlu memasukkan aplikasi merek dagang tanpa penundaan. Jika Anda tidak melakukannya, orang lain dapat mengajukan aplikasi sebelum Anda dan Anda akan kehilangan kesempatan untuk memiliki nama secara eksklusif. Ini mungkin karena orang lain telah melihat nama Anda di media cetak atau, misalnya, di pameran dagang, dan berpikir bahwa itu adalah nama yang baik yang ingin mereka gunakan. Ini mungkin hanya aplikasi yang jujur ​​dan bersamaan. Entah itu kebetulan atau disengaja, penerapan pertama biasanya akan diutamakan. Untuk menghindari aplikasi pre-emptive bertindak cepat dan jangan berinvestasi dalam nama apa pun sampai Anda tahu bahwa Anda telah berhasil melindunginya dengan pendaftaran merek dagang.

6. Tindakan Anti Sabotase: Pesaing– Jika Anda gagal melindungi nama Anda dengan pendaftaran merek dagang, Anda membuka diri lebar-lebar untuk diserang oleh pesaing yang ingin Anda tutupi dari pasar dengan mengajukan permohonan untuk mendaftarkan nama Anda dan kemudian menuduh bahwa penggunaan merek yang berkelanjutan oleh Anda merupakan merek dagang pelanggaran. Jika pesaing mendapatkan pendaftaran merek dagang untuk nama Anda, atau nama yang sangat mirip, Anda mungkin harus berhenti menggunakan merek Anda dan secara efektif dapat kehilangan bisnis Anda dalam semalam. Anda dapat meminta pencabutan merek pesaing atas dasar Anda menggunakannya terlebih dahulu atau mungkin pesaing bertindak dengan itikad buruk, tetapi hal ini mungkin akan membebani Anda dalam jumlah yang sangat besar dalam hal biaya hukum dan Anda mungkin gagal dalam pembuktian.

7. Anti-Retaliation: Karyawan, Pemasok, Pengembang– Mengingat bahwa siapa pun dapat mengajukan permohonan untuk mendaftarkan merek dagang jika mereka memiliki niat yang tulus untuk menggunakannya, Anda dapat melihat bahwa sangat mudah bagi pemasok atau mantan karyawan yang dirugikan, atau siapa pun yang memiliki dendam terhadap Anda, atau bisnis Anda, untuk membalas dengan mendapatkan pendaftaran merek dagang untuk nama Anda jika Anda sendiri lalai untuk melindunginya. Ini bisa membuat Anda sakit kepala parah. Sangat umum bagi pengembang atau mitra usaha patungan untuk membuat aplikasi pendahuluan dan pembalasan untuk pendaftaran merek dagang nama bisnis untuk memberikan diri mereka platform negosiasi dalam penyelesaian perselisihan yang lebih luas dan sedang berlangsung. Pendaftaran merek dagang yang cepat di tempat pertama menutup jalan serangan ini dan memastikan bahwa bisnis Anda tidak dapat disandera atas kepemilikan namanya sendiri.

8. ‘Kunci’ Nilai Merek – Dengan melindungi nama bisnis Anda dengan pendaftaran merek dagang, Anda secara efektif ‘mengunci’ nilai merek Anda. Jika Anda memikirkannya, jika Anda mengembangkan bisnis Anda di bawah merek yang Anda tidak bersusah payah untuk memeriksa dan melindungi, Anda mengambil risiko yang sangat nyata dan tak terelakkan bahwa nama yang Anda gunakan secara hukum dimiliki oleh orang lain. Dalam kasus seperti itu, semua kerja keras dan pengeluaran iklan Anda dengan nama itu sebenarnya hanya membangun niat baik dan reputasi bisnis yang dimiliki oleh orang lain. Jika Anda diwajibkan untuk berhenti menggunakan nama, Anda akan kehilangan nilai merek apa pun yang mungkin telah Anda peroleh dan harus memulai lagi dengan nama baru. Kunci nilai merek bisnis Anda dengan pendaftaran merek dagang.

9. Kalahkan ‘Copy-Cats’ – Jika Anda sukses, seringkali pesaing akan mencoba dan menyalin nama dan model bisnis Anda. Mereka mungkin, misalnya, mencoba dan mengadopsi varian url Anda. Jika Anda telah melindungi nama Anda dengan pendaftaran merek dagang, setiap penyalinan nama domain dengan cara ini mungkin akan dianggap sebagai pelanggaran merek dagang dan Anda dapat menghentikannya. Selain itu, dimungkinkan untuk melindungi, tidak hanya tanda kata, tetapi juga garis tali, grafik, bentuk dan warna dengan pendaftaran merek dagang, sehingga sering kali mungkin untuk mendapatkan tingkat eksklusivitas untuk ‘tampilan dan nuansa’ Anda. bisnis dengan cara ini, yang juga mempersulit pesaing untuk menyalin ide bisnis Anda secara efektif.

10. Yakinkan Investor – Mengingat kepentingan fundamental untuk bisnis apa pun dari kepemilikan eksklusif atas merek dan merek dagangnya, calon investor sering kali, dengan tepat, meminta bisnis tersebut untuk menunjukkan kepemilikan tersebut sebagai syarat untuk melakukan investasi. Demonstrasi kepemilikan yang paling meyakinkan adalah sertifikat pendaftaran merek dagang. Sebaliknya, konflik kepemilikan nama seringkali menjadi alasan mengapa investor tidak melanjutkan. Sederhananya, mereka tidak tertarik untuk membeli sengketa hukum atas kepemilikan salah satu aset utama bisnis.

11. Uji Tuntas: Memuaskan Pembeli– Jika Anda berencana untuk menjual bisnis Anda kapan saja, Anda harus melindungi semua nama, merek, dan merek Anda dengan pendaftaran merek dagang. Setiap calon pembeli ingin tahu bahwa Anda memiliki semua hak ini di bawah kepemilikan dan bahwa tidak ada pihak ketiga yang menggunakan nama yang sama, yang jelas akan melemahkan kekuatan merek, atau lebih buruk lagi, secara aktif berusaha mencegah Anda untuk terus menggunakan nama Anda. nama. Karena nilai niat baik bisnis Anda terkait erat dengan kepemilikan nama dagangnya, kegagalan untuk mendapatkan pendaftaran merek dagang tidak hanya berarti bahwa Anda tidak akan mendapatkan harga yang Anda harapkan untuk bisnis Anda, tetapi, dalam kasus yang sulit, Anda bisnis mungkin menjadi tidak dapat dijual karena ketidakpastian atau konflik hukum atas hak Anda untuk menggunakan bisnis atau nama produk Anda saat ini.

12. Perluasan Dukungan: Waralaba, Lisensi, Agen – Merek yang kuat yang dilindungi oleh pendaftaran merek dagang adalah pijakan yang pasti untuk mengembangkan bisnis dengan cara atau waralaba, lisensi atau agen. Pada dasarnya, waralaba tidak lebih dari lisensi merek dagang yang dimuliakan dan yang paling tidak diharapkan oleh pewaralaba adalah hak tanpa batas untuk menggunakan nama waralaba. Manfaat komersial menjadi bagian dari merek payung adalah, bagaimanapun, salah satu alasan utama orang berinvestasi dalam waralaba. Merek dagang terdaftar dapat dilisensikan untuk mendapatkan royalti. Agen atau jaringan distribusi mana pun akan menginginkan kenyamanan mengetahui bahwa Anda memiliki hak hukum satu-satunya dan eksklusif untuk menggunakan nama produk Anda dan satu-satunya cara untuk memperolehnya secara meyakinkan adalah dengan cara pendaftaran merek dagang.

13. Pendaftaran Perusahaan: Kontrol Nama Perusahaan– Pendaftaran nama bisnis Anda di Companies House, atau kantor pendaftaran perusahaan nasional mana pun, hampir tidak memberikan keamanan nama atau hak kepemilikan nama. Faktanya, setidaknya di Inggris, itu berarti tidak ada yang dapat memasukkan perusahaan dengan nama yang persis sama. Nama yang sangat mirip akan sering diterima untuk pendaftaran. Namun, Anda melindungi nama bisnis Anda sebagai merek dagang terdaftar, ini akan mencegah perusahaan lain memasukkan nama Anda ke dalam nama perusahaan mereka produk atau layanan yang sama dengan tempat Anda berdagang. Di Inggris Raya, jika seseorang mendaftarkan nama perusahaan yang sama dengan yang mirip dengan merek dagang yang telah Anda lindungi dengan cara pendaftaran merek dagang, Anda dapat menolak Adjudicator Nama Perusahaan dan mewajibkan perusahaan tersebut untuk mengubah namanya menjadi nama yang berbeda. .

14. Domain: Hindari Ketergantungan Berlebihan pada URL – Meskipun seringkali sulit untuk mendaftarkan URL deskriptif sebagai merek dagang terdaftar, tidak ada alasan mengapa nama yang telah Anda lindungi oleh pendaftaran merek dagang web tidak dapat dimasukkan ke dalam nama domain untuk urusanmu. Siapa pun yang mencoba mengadopsi nama domain yang sama atau serupa untuk produk atau layanan serupa akan melanggar hak merek dagang terdaftar Anda. Oleh karena itu, pendaftaran merek dagang memberi Anda tingkat kendali atas nama domain Anda dan memungkinkan Anda untuk berhasil mengawasi pendaftaran URL yang serupa.

15. Keuntungan Penggerak Pertama: Melindungi ‘Ide Baik’ – Seringkali sebuah ide bisnis yang baik tidak dapat dilindungi secara hukum dalam artian tidak mungkin menghentikan bisnis lain untuk menyalin ide tersebut segera setelah diluncurkan. Asalkan peniru tidak melanggar hak cipta atau paten apa pun, mereka biasanya dapat meniru ide tersebut. Namun, jika Anda adalah orang pertama yang memasarkan ide Anda, Anda dapat mengamankan keuntungan penggerak pertama dengan memberi merek pada ide Anda dengan merek dagang yang kuat dan individual yang dilindungi oleh pendaftaran merek dagang. Seringkali gagasan itu sendiri dirujuk dalam bahasa umum oleh merek dagang itu sendiri dan, sementara ini dipertanyakan dari sudut pandang hukum yang ketat, itu tentu saja merupakan keuntungan komersial utama dan sangat membantu dalam mengamankan dan mempertahankan pangsa pasar dalam menghadapi pesaing peniru. .

16. Peluncuran Internasional: Tanggal Prioritas Aman – Pengajuan permohonan merek dagang mengamankan tanggal prioritas untuk perlindungan merek dagang di masa mendatang. Ini berarti bahwa jika bisnis berhasil dan menjadi perlu untuk melindungi nama dengan pendaftaran merek dagang secara lebih luas di yurisdiksi lebih lanjut, aplikasi merek dagang dapat diajukan di yurisdiksi tersebut dalam periode prioritas yang berlaku (biasanya enam bulan dari aplikasi pertama) sambil tetap mempertahankan manfaatnya. dari tanggal penerimaan asli. Ini berarti bahwa perlindungan yang diberikan oleh pendaftaran merek dagang lebih lanjut yang diajukan selama periode prioritas akan mundur ke tanggal aplikasi merek dagang pertama dan siapa pun yang telah menggunakan merek dagang sementara itu akan melanggar pendaftaran merek dagang selanjutnya.

17. Pemeriksaan Biaya: Mencegah Biaya di Masa Mendatang – Melindungi nama bisnis utama dengan cara pendaftaran merek dagang adalah proses yang relatif murah yang secara efektif membuktikan biaya bisnis terhadap biaya yang berpotensi sangat besar untuk menangani dugaan pelanggaran merek dagang atau yang sebenarnya. Biaya yang dapat dihindari dengan cara ini tidak hanya mencakup biaya hukum Anda sendiri, tetapi kewajiban untuk membayar biaya hukum pemilik merek dagang yang dirugikan, kompensasi substansial melalui kerusakan, hilangnya semua saham yang melanggar dan, akhirnya, biaya melakukan perubahan merek bisnis secara lengkap (termasuk semua situs web, fasilitas, iklan, dan materi cetak lainnya) dan melindungi merek baru dengan cara pendaftaran merek dagang.

18. Kesederhanaan: Hindari Kerumitan Hukum– Ada kesederhanaan yang memuaskan untuk dapat memegang sertifikat pendaftaran merek dagang dan melambaikannya ke arah umum siapa pun yang mencoba menggunakan nama Anda. Itu biasanya cukup untuk mencegah pelanggaran. Dengan tidak adanya pendaftaran merek dagang jauh lebih sulit dan jauh lebih mahal untuk menegakkan hak merek dagang hukum umum atau mempertahankan kasus pelanggaran hak cipta. Beban pembuktian yang terlibat dalam membawa kasus semacam itu sangat besar dan posisi hukum terkait dengan tindakannya untuk meloloskan diri dan pelanggaran hak cipta selalu kompleks. Dalam kasus meninggal dunia, perlu dibuktikan reputasi yang substansial, kebingungan di pasar, dan kerugian finansial yang diakibatkannya. Secara hukum, hal ini membebani bisnis apa pun yang dapat dihindari dengan pendaftaran merek dagang.

19. Hak Logo: Lindungi Grafik, Logo dan Desain – Dimungkinkan untuk memasukkan dalam program pendaftaran merek dagang tidak hanya nama sebenarnya dari bisnis tetapi juga setiap logo, grafik atau desain yang digunakan dalam bisnis sehubungan dengan produk atau layanannya. Dengan tidak adanya perlindungan merek dagang, tindakan berdasarkan hak cipta harus kembali dilakukan dan tindakan ini sangat sulit dilakukan.

dan begitu juga tidur …….

20. Untuk Tidur di Malam Hari

Alasan terbaik untuk melindungi bisnis Anda dengan cara pendaftaran merek dagang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *